Jumat, 08 Februari 2013

Eddie Newton



Sebelumnya ia pernah menjadi pelatih bersama Di Matteo di klub MK Dons dan West Bromwich Albion.
Newton bergabung dengan Chelsea pada usia 13 tahun dan telah tampil 214 kali untuk klub. Ia debut pada 1992, dan mencetak gol pada pertandingan terakhir musim itu.

Setelah bermain selama dua musim, Newton mengembangkan kemampuannya sebagai gelandang namun tetap mampu mencetak gol. Ia menjadi bagian tim saat berhadapan dengan Manchester United dalam ajang Piala FA 1994, namun sayangnya ia menyebabkan penalti yang membuat Chelsea takluk.
Ia mengambil pelajaran dari hal tersebut dan terus mengasah kemampuannya sebagai gelandang. Panggilan untuk bermain di timnas Inggris sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi sebelumnya, namun sayang cedera kaki membuatnya gagal bermain untuk timnas.
Setelah pulih dari cedera, ia kembali bermain dalam laga penting menuju final Piala FA 1997 di Wembley, dan pada pertandingan tersebut ia bermain gemilang, menciptakan gol kedua ke gawang Middlesbrough dan berhasil menaklukkan tim lawan dengan skor akhir 2-0. Pada musim berikutnya Eddie berhasil meraih gelar juara piala liga dan mendapat medali.
Cedera menghambatnya pada musim terakhirnya di Chelsea, dan ia pindah ke Birmingham City. Karier bermain sepakbolanya berakhir selamanya akibat cedera yang dialaminya dan Newton kembali ke Chelsea untuk bekerja di akademi sepakbola kami. Ia menjadi asisten pelatih U16 sebelum bergabung dengan Di Matteo di MK Dons. Mereka berhasil membawa klub tersebut satu kali ke babak play-off liga sebelum pindah ke West Brom yang berhasil mereka bawa sampai ke liga utama Inggris. Newton dan Di Matteo meninggalkan The Hawthorn pada Januari 2011.

sumber: http://indo.chelseafc.com/staff/33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar